Posted by : Unknown Kamis, 04 April 2013

Power Amplifier 14 Watt IC TDA2030. IC TDA2030 adalah sebuah chip IC yang di desain khusus sebagai power amplifier yang bekerja pada kelas AB dan di gunakan sebagai penguat audio frekuensi rendah. Di dalam power amplifier 14 watt terdapat IC TDA2030 yang dapat memberikan daya output pada sumber tegangan simetris kurang lebih 14 volt DC dan beban 4 ohm.

Rangkaian power amplifier dengan IC TDA2030 merupakan power amplifier yang sederhana dengan menggunakan sedikit komponen. IC TDA2030 merupakan IC yang memiliki 5 kaki dengan fungsi sebagai :

Pin 1, jalur input non-inverting
Pin 2, jalur input inverting
Pin 3, jalur sumber tegangan negatif (-Vs)
Pin 4, jalur output power amplifier
Pin 5, jalur sumber tegangan positif (+Vs)


aplikasi dasar yang menggunakan IC TDA2030 dengan sumber tegangan simetris 14 volt DC. Power amplifier TDA2030 dapat memberikan daya output sebesar 14 watt pada beban speaker 4 ohm. Rangkaian ini juga membutuhkan sumber tegangan arus sebesar 3,5 A yang sudah teregulasi.

Fitur unggulan yang di miliki dari skema IC di atas adalah :

Short Circuit Protection yaitu kemampuan IC TDA2030 dalam mengatasi kondisi output yang di hubungkan secara singkat. IC ini akan mati secara otomatis apabila terdeteksi jalur output yang hubung singkat. Sehingga arus yang mengalir pada bagian akhir rangkaian akan tetap aman dan tidak merusak IC TDA2030 tersebut.

Yang kedua adalah Thermel Shutdown. Thermel Shutdown merupakan salah satu kemampuan IC TDA2030 dalam mendeteksi panas pada bagian body IC. Apabila dalam rangkaian terdeteksi suhu yang berlebihan maka IC TDA2030 ini akan mati atau bisu dengan sendirinya, sehingga kondisi suhu dalam chip IC akan normal. Feature yang satu ini akan bekerja apabila pada saat suhu IC TDA2030 mencapai 150° C.

Demikian penjelasan singkat mengenai Power Amplifier 14 Watt IC TDA2030, semoga artikel kali ini dapat membantu..

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Blogger news

- Copyright © Gudang Instrumentasi -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -