Posted by : Unknown Sabtu, 30 Maret 2013

Langkah Merakit Komputer diantaranya:

1. Persiapkan alat dan bahan.
2. Siapan motherboard di tempat yang aman dari debu, letakan di meja atau lantai (dimana saja asal jangan di air ) dan gunakan alas (dusnya juga boleh)

3. Pasang Processor ke motherboard,caranya :

  • Persiapkan Prosesor.
  • Ambil prosesor dan perhatikan lekukan yang terdapat di kedua sisi prosesor. Tanda tersebut sebagai panduan memasang prosesor yaitu dengan mencocokan dengan tanda yang ada di socket motherboard.




Perhatikan lekukan di kedua sisi prosesor
    


  •  Bukalah pengait socket LGA775 pada motherboard.
Buka pengait socket

  • Pasang prosesor pada socket kemudian kunci kembali.
Pasang prosesor dengan benar

  • Pasanglah kipas di atas prosesor dengan mencocokan ke empat kaki yang terbuat dari plastik warna putih dengan empat lubang yang ada di motherboard. Untuk mengunci kipas tersebut tekan ke empat kepala pengunci dengan tangan sehingga akan mengunci otomatis. Pastikan posisi kipas tidak miring.

4. Pasang Memory Ke Motherboard,Caranya :
  1. Buka pengunci slot ( di setiap ujung slot memory pada motherboard ) 
  2. Sesuaikan posisi memory dengan posisi slot di motherboard ( jangan hawatir terbalik, karena jika terbalik memory tidak dapat masuk karena posisi tidak sesuai, jadi kalau tidak sesuai tinggal dibalik ).
  3. Tekan dengan perlahan dan secara otomatis pengunci slot yang tadi akan mengunci kembali.
5. Masukan Motherboard ke casing,caranya :
  1. Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang.
  2. Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard.
  3. Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
  4. Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada.
  5. Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.
6. Memasang Power Supply,caranya :
  1. Masukkan power supply pada rak di bagian belakang casing. Pasang ke empat buah sekerup pengunci.
  2. HUbungkan konektor power dari power supply ke motherboard. Konektor power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua konektor yang terpisah maka kabel-kabel ground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari konektor power motherboard. Hubungkan kabel daya untuk fan, jika memakai fan untuk pendingin CPU.
7. Memasang Harddisk,caranya :
  1. Buka casing komputer.
  2. Pilih salah satu tempat pada casing untuk dipasangi harddisk. ( biasanya berada pada bagian depan casing dan memiliki penyekat sesuai ukuran harddisk )
  3. Posisi pemsangannya adalah, bagian yang memiliki konektor kabel berada dibelakang dan yang masuk ke dalam ( ke bagian depan casing ) adalah bagian yang tidak memiliki konektor apapun.
  4. Dalam memasukan harddisk, perhatikan lubang yang berada di harddisk dan di penyekat tempat harddisk berada, samakan posisinya dan sekrup dengan menggunakan obeng dan mur.
  5. Pasangkan kabel listrik dari powersupply ( gunakan logika anda, konektor yang manakah yang akan masuk pada harddisk ). Dan tepatkan posisi kabel warna kuning dibagian terluar dari harddisk. ( lihat videonya ).
  6. Pasangkan kabel IDE dari harddisk ke motherboard. Lihat posisinya, biasanya dibagian atas ada cekukan untuk penyesuaian antara harddisk dengan kabel. Begitu pula dengan motherboard.
  7. Ingat pasang kabel IDE ke konektor IDE pada motherboard, biasanya ada dua konektor yang sama seperti itu dan posisinya sejajar. Anda baca dibagian bawah motherboard ada tulisan IDE 0 dan IDE 1, (pasang di IDE 0 ). Yang IDE 1 untuk DVD atau CD - ROM.
8. Pasang CD - ROM atau DVD- ROM,caranya :
  1. Buka Casing kompuer
  2. Pada bagian depan atas casing, ada penutup kamu harus mencopotnya.
  3. Lalu masukan cd rom atau dvd rom melalui bagian depan casing (jangan lewat dalam casing tapi lewat luar )
  4. Posisi yang benar adalah bagian yang memiliki konektor yang masuk ke bagian dalam casing.
  5. Pasangkan kabel power dari power supply ke bagian belakang cd/dvd rom.
  6. Pasangkan kabel data ( kabel IDE ) dari cd/dvd rom ke motherboard.
  7. Bila sudah terpasang harddisk maka kabel IDE yang tersisa kemungkinan adalah satu yaitu Kabel IDE 1 ( kabel IDE 0 sudah digunakan harddisk ).
Setelah itu anda harus memasang jumper jumper yang ada, Setelah itu anda tinggal melakukan POST test dan bila masuk post test anda tinggal menginstall Sistem Operasi. selamat mencoba..

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Blogger news

- Copyright © Gudang Instrumentasi -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -